RajaKomen
Awas ….!!! Ada Api Yang Bisa Membakar Pahala Sedekah

Awas ….!!! Ada Api Yang Bisa Membakar Pahala Sedekah

2 Sep 2021
949x
Ditulis oleh : Admin

Kita juga sering mendengar ganjaran dan balasan yang berkali lipat untuk orang yang mau bersedekah, sesuai dengan ayat-ayat Alquran dan riwayat dari Nabi Muhammad SAW.

Tapi ada hal yang sering luput dari perhatian. Pahala yang begitu besar ini bisa habis begitu saja jika tidak benar-benar dijaga. Ketika kita ingat tentang besarnya pahala sedekah, jangan lupakan bahwa ada pula api yang bisa membakar habis pahala itu.

Allah Berfirman :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima).” (QS.Al-Baqarah 264)

Ada dua penyakit yang menghilangkan pahala sedekah, yaitu :

Al-Mannu (Mengungkit-ungkit pemberian).
Al-Adza (Menyakiti perasaan penerima sedekah).

Penyakit pertama adalah Al-Mannu. Penyakit ini muncul dari perasaan “aku telah berbuat baik”. Hasilnya, ia ingin dipuji, dihormati dan kebaikannya selalu diingat-ingat. “Dulu aku telah membantumu, telah memberimu ini dan itu”

Terkadang penyakit ini tidak terasa, kebaikan itu selalu diingat dan diungkit hingga tak bersisa pahala sedikitpun.

Penyakit kedua adalah Al-Adza. Terkadang kita tak senang hati melihat ada orang memerlukan bantuan datang mengetuk rumah. Kita merasa terganggu ketika jalan kita dihalangi orang yang memelas meminta belas kasihan.

Akhirnya kita ngomel, marah atau pasang muka benci dan tak suka. Walau kita memberi sesuatu kepadanya, tapi perlakuan buruk itu telah menyakiti hatinya. Hasilnya, pahala sedekah yang begitu besar itu habis tak bersisa.

Pada ayat sebelumnya, Alquran telah memberi solusi jika kita tidak bisa menahan diri untuk marah atau bermuka masam. Lebih baik kita berkata dengan lembut untuk meminta maaf karena tidak bisa memberi daripada harus memberi sedekah tapi menyakiti hatinya. Allah Berfirman :

 قَوْلٌ مَّعْرُوْفٌ وَّمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّنْ صَدَقَةٍ يَّتْبَعُهَآ اَذًى ۗ وَاللّٰهُ غَنِيٌّ حَلِيْمٌ

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah 9Maha Kaya, Maha Penyantun.” (QS.Al-Baqarah 263)

Nah, untuk melawan kedua penyakit ini kita harus sadari bahwa

Harta yang kita sedekahkan sangat sedikit dibanding pemberian Allah SWT. Lalu kenapa harus merasa bangga atau tak senang hati  ?  Harta itu hanyalah titipan dari Allah untuk kita berikan kepada orang yang membutuhkan. Pantaskah seorang tukang pos merasa bangga karena telah memberi sesuatu kepada orang yang menerima paketnya ? Hai, itu bukan pemberian kita ! Tugas kita hanya mengantar !

Karena itu, jangan kita hanya fokus kepada besarnya pahala sedekah. Tapi jagalah selalu pahala itu agar tidak diserang oleh kedua penyakit di atas. Semoga Allah menjaga amal-amal kita hingga Hari Pembalasan nanti.

Wallahu a´lam

Berita Terkait
Baca Juga:
Transaksi Apa Saja Aman dengan Cara Transfer Dana ke Gopay

Transaksi Apa Saja Aman dengan Cara Transfer Dana ke Gopay

Tips      

2 Jul 2021 | 683


Awalnya saya kurang paham bagaimana cara transfer dana ke gopay dan maksudnya itu buat apa sih. Mungkin beberapa dari anda juga masih bingung dan kurang mengerti cara kirim saldo dana ke ...

Bingung Memilih Universitas? Kuliah di Kampus Unggulan di Jakarta Aja Yuk

Bingung Memilih Universitas? Kuliah di Kampus Unggulan di Jakarta Aja Yuk

Tips      

17 Sep 2022 | 722


Buat anda yang akan lulus atau baru lulus dari Sekolah Menengah Atas atau SMA atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan sampai perguruan ...

Jangan Minum Sembarangan Tanpa Resep Dokter! Jenis Obat Ini Dapat Merusak Ginjal Anda

Jangan Minum Sembarangan Tanpa Resep Dokter! Jenis Obat Ini Dapat Merusak Ginjal Anda

Tips      

1 Jul 2022 | 316


Obat-obatan kimia biasa kita konsumsi ketika sakit. Sudah diketahui bahwa minum obat kimia tak bisa dikonsumsi dan dilakukan sembarangan tanpa resep dan arahan ...

Cara Aman Memasang GPS Tracker Di Mobil

Cara Aman Memasang GPS Tracker Di Mobil

Tips      

7 Jul 2022 | 383


Keamanan mobil anda sangatlah penting, apalagi jika anda sering meninggalkan barang-barang berharga anda dalam mobil. Untuk menjaga agar mobil anda tetap aman walau diparkir dimanapun, maka ...

Sahabat Sejati

Sahabat Sejati

Tips      

16 Jul 2021 | 977


Seminggu yang lalu saya kehilangan teman baik, Dr.Nasruddin Ibrahim. Saya juga belum tahu apakah masuk kategori sahabat sejati, yang pasti beliau sangat baik mitra hidup dalam ...

Green Canyon Cijulang Pangandaran

Green Canyon Cijulang Pangandaran

Wisata      

21 Feb 2022 | 654


Green Canyon atau warga sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Cukang Taneuh. Green Canyon ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Sekitar 31 kilometer dari Kota ...

Copyright ©2024 WarungInformasi.com - All rights reserved